Gerak Cepat, Kemnaker Periksa Pemicu Kerusuhan Pekerja di Morowali Utara

| Rabu, 18/01/2023 21:49 WIB
Gerak Cepat, Kemnaker Periksa Pemicu Kerusuhan Pekerja di Morowali Utara Gedung Kemnaker (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai melakukan pengumpulan data ke PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah terkait kejadian bentrok pekerja.

Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan tim Pengawas Ketenagakerjaan dan Mediator Hubungan Industrial dalam rangka mendapatkan informasi secara mendalam terkait pemicu terjadinya kerusuhan pekerja di PT GNI beberapa waktu lalu, khususnya yang terkait dengan ketenagakerjaan.

"Tim dari Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pemeriksaan ke PT GNI untuk memperoleh informasi yang sebenar-benarnya yang menjadi pemicu terjadinya kerusuhan, khususnya yang terkait dengan ketenagakerjaan," ungkap Haiyani Rumondang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/1/2023).

Haiyani menjelaskan bahwa dalam upaya memperoleh informasi, tim melakukan koordinasi dengan jajaran Disnaker Kabupaten Morowali Utara, Disnaker Kabupaten Morowali, dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah.

“Setelah itu, tim mengadakan rapat dengan jajaran manajemen perusahaan untuk meminta penjelasan tentang permasalahan ketenagakerjaan yang berkembang di media yang menjadi tuntutan Serikat Pekerja,” tukasnya.

Selain meminta penjelasan dari manajemen perusahaan, imbuh Haiyani, tim juga meninjau secara langsung kondisi di lapangan, termasuk tempat terjadinya kerusuhan, "Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Ketenagakerjaan apabila terbukti ditemukan perusahaan tidak menjalankan ketentuan ketenagakerjaan baik norma kerja maupun norma K3, tentu akan dilakukan langkah-langkah hukum untuk penegakannya,” imbuhnya.

Tags : Kemnaker , Pekerja , PT GNI , Morowali Utara