Kemendes Kolaborasi dengan ASEAN, Gus Muhaimin Ingatkan Mutu Pendamping Desa

| Jum'at, 27/01/2023 15:45 WIB
Kemendes Kolaborasi dengan ASEAN, Gus Muhaimin Ingatkan Mutu Pendamping Desa Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mendorong seluruh pendamping desa untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan untuk memajukan desa. Terlebih Pemerintah dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kini tengah menginisiasi kolaborasi dengan ASEAN untuk mengoptimalkan pembangunan desa, khususnya di kawasan perbatasan. 

“Saya minta teman-teman pendamping desa untuk terus meningkatkan kapasitas, meningkatkan pengetahuan untuk kemajuan Desa. Apalagi ini sekarang sedang dilakukan kolaborasi dengan ASEAN,” kata pria yang akrab disapa Gus Muhaimin di Jakarta, Jumat, 27 Januari 2023. 

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra itu menyatakan, pendamping desa punya peran sentral dalam mewujudkan desa berkemajuan, kreatif, dan inovatif. “Karena itu mutu dan kualitas masing-masing pendamping desa harus ikut maju, bagaimana caranya? Skillnya diasah, pengetahuannya ditambah, agar cita-cita kemajuan desa bisa dicapai,” urai Gus Muhaimin. 

Selain itu, Gus Muhaimin juga mengajak seluruh pendamping desa untuk turut merealisasikan langkah-langkah pembangunan desa dengan memperluas jaringan desa di kawasan regional Asia Tenggara. 

“Artinya lompatan besar dalam membangun desa itu niscaya dan suatu kepastian yang harus kita wujudkan bersama,” tukas Gus Muhaimin. 

Sebelumnya, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menginisiasi forum kolaborasi antar negara-negara ASEAN untuk mengoptimalkan pembangunan desa di kawasan perbatasan. 

Menurut Gus Halim, membangun jaringan lintas negara antar desa di kawasan perbatasan akan mempercepat kebangkitan daerah pinggiran terutama dalam pencapaian tujuan SDGs di masing-masing negara. 

“Forum ini dapat menjadi media bagi kita, sekaligus menjadi langkah awal, khususnya bagi desa-desa di kawasan perbatasan dalam membangun jejaring, menjalin kolaborasi, dalam rangka percepatan pencapaian Sustainable Development Goals dari desa, berbasis data desa, berdasar potensi desa,” kata Gus Halim.

Tags : Gus Muhaimin , Pendamping Desa , ASEAN , Kemendesakan PDTT

Berita Terkait