Berduka Atas Gempa Turki, Gus Muhaimin Instruksikan Kader Salat Gaib dan Tahlil

| Selasa, 07/02/2023 19:35 WIB
Berduka Atas Gempa Turki, Gus Muhaimin Instruksikan Kader Salat Gaib dan Tahlil Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan duka cita mendalam atas gempa yang menerjang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023). 

“Saya dan keluarga besar PKB turut berduka cita mendalam atas gempa yang terjadi di Turki dan Suriah. Kita doakan seluruh korban yang meninggal dunia husnul khatimah, dan yang luka-luka segera diberi kesembuhan,” kata pria yang akrab disapa Gus Muhaimin di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023. 

Gus Muhaimin lantas mengintruksikan seluruh kader dan pengurus PKB untuk menyelenggarakan salat gaib dan tahlil untuk korban gempa bermagnitudo 7,8 tersebut. 

“Saya instruksikan seluruh kader dan pengurus PKB dimanapun untuk mendoakan korban gempa di Turki dan Suriah, ayo kita salat gaib dan tahlil untuk saudara-saudara kita di sana,” kata Gus Muhaimin. 

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini juga mendorong pemerintah Indonesia untuk proaktif memantau kondisi pascagempa tersebut, terutama informasi bagi WNI di sana. 

“Jika memungkinkan tolong juga kirimkan bantuan untuk korban gempa. WNI di sana juga harus dipantau, apalagi ada kabar ada WNI yang hilang kontak. Pastikan kondisi mereka aman dan segera evakuasi jika membutuhkan,” tutur Gus Muhaimin. 

Lebih dari 3.700 orang tewas akibat gempa Turki dan Suriah pada Senin 6 Februari 2023. Dua gempa bumi dahsyat dan puluhan gempa susulan meruntuhkan ribuan bangunan dan menimbulkan bencana kemanusiaan baru di wilayah yang telah dilanda perang, krisis pengungsi, dan kesulitan ekonomi parah. 

Sekitar 700 orang juga dilaporkan tewas di barat laut Suriah. Daerah yang terkena dampak membentang di beberapa provinsi dan garis depan antara daerah yang dikuasai pemerintah di satu sisi dan daerah di bawah kendali oposisi yang didukung Turki di sisi lain.

Tags : Gempa Bumi , Turki , Gus Muhaimin , Salat Ghaib

Berita Terkait