Wapres Maruf Amin Sebut Biaya Haji Tunggu Keputusan Besaran Subsidi

| Jum'at, 10/02/2023 20:50 WIB
Wapres Maruf Amin Sebut Biaya Haji Tunggu Keputusan Besaran Subsidi KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menyampaikan bahwa kepastian biaya haji yang harus ditanggung jemaah haji Indonesia masih menunggu besaran jumlah subsidi yang tepat. Besaran subsidi biaya haji, kata Wapres, masih dibicarakan sehingga subsidi bisa terus berkelanjutan.

"Nah sekarang lagi dibicarakan berapa jumlah subsidi yang tepat ya (agar) masyarakat bisa menerima, tapi juga dana haji tidak tergerus, subsidi bisa dilanjutkan secara berkelanjutan," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Jumat, 10 Februari 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sebelumnya mengusulkan rerata biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) Tahun 1444 Hijriah/2023 sebesar Rp69.193.733 per orang. Besaran tersebut lebih tinggi dari biaya perjalanan ibadah haji tahun 2022 lalu yang ditetapkan sebesar Rp39.886.009 per orang.

"Saya kira sudah semua tahu bahwa memang tahun lalu subsidi gaji terlalu besar 59 persen," tuturnya.

Kiai Maruf mengungkapkan, bila besaran subsidi itu terus dipertahankan, maka berpotensi mengeruk modal dana haji yang dikembangkan. "Nah supaya tidak (mengeruk), maka subsidi itu harus dikurangi. Itu yang sedang dilakukan pembicaraan," ucapnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Biaya Haji , Subsidi , Indonesia , BPIH