Pemerintah Wajib Berikan Perlindungan pada PMI di Luar Negeri

| Senin, 13/02/2023 19:26 WIB
Pemerintah Wajib Berikan Perlindungan pada PMI di Luar Negeri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus melakukan program pemagangan ke Jepang. Seperti halnya dilakukan oleh Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Barat yang saat ini tengah melaksanakan Seleksi Nasional Program Pemagangan.

Di sela-sela kunjungannya ke NTB pada Sabtu, 11 Februari 2023 lalu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan terhadap warganya yang bekerja atau magang ke luar negeri.

"Bekerja itu hak setiap warga negara, magang juga. Pemerintah tidak bisa melarang atau menyuruh. Ketika hak itu ambil, kewajiban pemerintah memastikan memberikan perlindungan adik-adik semua yang bekerja atau magang ke luar negeri," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker mengatakan, hingga saat ini Jepang menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan pemagangan. Jepang juga berhasil menjadi negara maju karena sukses mengelola bonus demografi.

"Negara kita saat ini sedang mendapatkan bonus demografi. Negara kita juga harus bisa menjadi negara maju dengan cara mengelolanya dengan baik. Karena kalau kita tidak bisa memanfaatkan bonus demografi ini madharat dmeografi, penduduknya banyak yang nganggur, lalu muncul masalah-masalah sosial, dan itu membahayakan bagi bangsa ini," tukasnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah