Bantu Penanganan Gempa Turki, Indonesia Kirim Tenag Medis dan Logistik

| Senin, 13/02/2023 22:30 WIB
Bantu Penanganan Gempa Turki, Indonesia Kirim Tenag Medis dan Logistik Pemerintah Indonesia mengirim tenaga medis untuk bantu penanganan gempa Turki (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia mengirimkan tim medis dan logistik kesehatan tahap awal untuk membantu penanganan gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah.

Tim medis ini akan diberangkatkan hari Senin, dalam satu kloter dengan pesawat khusus,” kata Plt. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Sumarjaya di Perdanakusumah, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2023.

Sumarjaya menjelaskan, tenaga medis yang dikirim terdiri dari 3 jenis tenaga Kesehatan. Mulai dari dokter spesialis yang terdiri dari spesialis bedah, spesialis orthopedi, spesialis anestesiologi, ahli pediatri, spesialis emergensi, spesialis kandungan, dan psikiatater.

Lalu, dokter umum, perawat kamar bedah, perawat IGD, perawat ICU, Psikolog, farmasi, bidan, epidemiolog, ahli gizi dan kesehatan lingkungan. Serta tenaga pendukung kesehatan diantaranya administrasi, logistik, dan koordinator kesehatan.

“Tim kesehatan dari Kemenkes akan bergantung dengan 39 tenaga medis dari TNI, Polri dan BNPB sebagai Emergency Medical Team (EMT). Dengan demikian total tenaga medis yang akan diberangkatkan ke Turki dan Suriah sebanyak 104 orang,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah juga akan mengirimkan 2,5 ton logistik kesehatan terdiri dari logistik non medis, perangkat medis, obat-obatan, dan Bantuan Medis Habis Pakai (BMHP).

“Personal kit sudah kita siapkan, karena disana suhunya minus 2 sampai minus 7 derajat celcius, untuk logistik personal kita akan dibantu oleh teman-teman BNPB,” tukasnya.

Tags : Gempa Turki , Indonesia , Tenaga Medis

Berita Terkait