Lewat Program Nusantara Sehat, Pemerintah Penuhi Kebutuhan Dokter di Puskesmas

| Selasa, 14/02/2023 21:51 WIB
Lewat Program Nusantara Sehat, Pemerintah Penuhi Kebutuhan Dokter di Puskesmas Manfaatkan kemajuan teknologi untuk kesehatan Anda. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memenuhi kebutuhan dokter dan tenaga kesehatan di Puskesmas melalui program Penugasan Khusus. Hal ini dikarenakan masih banyaknya Puskesmas di daerah yang masih kekurangan tenaga medis khususnya dokter.

“Penugasan khusus dilakukan melalui Nusantara Sehat dengan penempatan secara tim dan individual selama 2 tahun,” ujar Dirjen Tenaga Kesehatan drg. Arianti Anaya, MKM di Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023.

Arianti menjelaskan bahwa program Nusantara Sehat secara tim merupakan pendayagunaan SDM Kesehatan dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah lebih dari 5 jenis tenaga kesehatan yang ditempatkan secara tim/berkelompok.

Sedangkan yang dimaksud dengan Nusantara Sehat Individu adalah pendayagunaan SDM Kesehatan dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu yang ditempatkan secara individual.

“Penugasan khusus ini dilaksanakan berdasarkan Permenkes nomor 33 tahun 2018 tentang Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam Mendukung Program Nusantara Sehat,” jelasnya.

Arianti menuturkan, pemenuhan tenaga kesehatan di Puskesmas merupakan alternatif pemenuhan sementara dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang belum bisa dipenuhi melalui mekanisme rekuitmen ASN (PNS dan PPPK).

“Pemenuhan tenaga kesehatan melalui penugasan khusus diutamakan untuk mengisi Puskesmas yang memiliki kekosongan tenaga kesehatan di wilayah terpencil dan sangat terpencil,” tuturnya.

Tags : Dokter Spesialis , Dokter Gigi , Kemenkes

Berita Terkait