Jalan Tol Balikpapan ke Kawasan Inti IKN Ditargetkan Selesai Akhir 2024

| Rabu, 22/02/2023 22:56 WIB
Jalan Tol Balikpapan ke Kawasan Inti IKN Ditargetkan Selesai Akhir 2024 Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke Kawasan Inti Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, ditargetkan akan selesai pada akhir 2024.

"Akhir 2024, akan diselesaikan Balikpapan ke kawasan inti akan selesai," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Rabu, 22 Februari 2023.

Dipaparkannya, jalan tol tersebut memiliki panjang hingga 40 kilometer. Dengan adanya jalan tol tersebut, tutur Jokowi, waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti IKN dapat ditempuh dengan waktu 30 menit. Jalan tol tersebut juga menjadi infrastruktur konektivitas pertama yang dibangun oleh pemerintah di IKN.

"Sudah berjalan lapangannya, kita bisa lihat, kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)," tukasnya.

Presiden mengatakan, tidak ada lagi kendala dalam pembangunan jalan tol tersebut. Kendala pembebasan lahan yang sebelumnya terjadi, kata Presiden, sudah diselesaikan.  "Tak ada. Kemarin iya, tetapi hari ini sudah diinformasikan oleh Menteri PUPR (Basuki
Hadimuljono) sudah tidak ada masalah," ucapnya.

Jokowi juga menekankan agar pembebasan lahan di IKN jangan sampai merugikan masyarakat setempat. Hal itu juga dia tekankan dalam setiap pengerjaan infrastruktur di IKN. "Saya kira pendekatannya sama. Jangan sampai ada masyarakat yang saya sampaikan kepada Kepala Otorita IKN Pak Bambang Susantono, bahwa jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan oleh pembangunan IKN ini ya," tandasnya.

Tags : Jokowi , IKN , Infrastruktur , Indonesia , Jalan Tol , Balikpapan