Pemkab Tangerang Siapkan Langkah Cegah Flu Burung

| Senin, 27/02/2023 17:41 WIB
Pemkab Tangerang Siapkan Langkah Cegah Flu Burung Ayam (ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kabupaten Tangerang menyiapkan sejumlah langkah pencegahan dalam mewaspadai penyakit flu burung (H5N1) tipe 2.3.4.4b atau Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) yang dinyatakan telah masuk ke Indonesia.

"Kami melakukan langkah-langkah kewaspadaan peningkatan kasus HPAI karena bersifat zoonosis," kata Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno di Tangerang, Senin, 27 Februari 2023.

Menurut Asep, Pemkab Tangerang telah menyiapkan beberapa langkah sebagai upaya mewaspadai wabah tersebut, salah satunya mengaktifkan kembali PDSR (Partisipatory Disease Surveilans dan Respon) dengan melakukan surveilans dan merespons apabila ada laporan dan ditemukan kasus yang mengarah kepada Avian Influenza.

"Kami juga merespon laporan/informasi dugaan Avian Influenza dan berkoordinasi dengan Balai Veteriner Subang untuk pengambilan sampel,” ungkap Asep.

Asep menuturkan bahwa pihaknya juga melakukan pembinaan bagi pemilik/peternak unggas juga dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pelaporan jika ditemukan tanda klinis yang mengarah kepada Avian Influenza seperti penurunan produksi dan kematian mendadak.

“Lalu lintas ternak juga akan kami awasi, jika ada tanda klinis yang mengarah kepada Avian Influenza akan kami laporkan ke i-Sikhnas,” tukasnya.

Tags : Flu Burung , Pemkab Tangerang

Berita Terkait