Cegah Banjir, Pemkab Tangerang Normalisasi Embung Danau di Curug

| Selasa, 07/03/2023 18:27 WIB
Cegah Banjir, Pemkab Tangerang Normalisasi Embung Danau di Curug Normalisasi Embung Danau di Curug Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Kabupaten Tangerang melakukan normalisasi embung danau di perumahan Aryana Kelurahan Suka Bakti kecamatan Curug yang mengalami pendangkalan. Hal ini dilakukan untuk mencegah banjir di wilayah Tangerang.

“Embung danau yang berada di perumahan Aryana berfungsi untuk menampung air sementara yang berasal dari saluran pembuangan irigasi dan pembuangan air dari drainase perumahan, jika pengerukan ini tidak dilakukan akan menyebabkan banjir,” kata Kepala UPTD SDA Wilayah I Amril Hasan di Tangerang, Selasa, 7 Maret 2023.

Sebelumnya, imbuh Amril, Pemkab Tangerang mewajibkan pihak pengembang perumahan agar membuat embung atau tandon, karena air yang dibuang dari drainase perumahan membutuhkan tempat penampungan sebelum musim penghujan dan bisa dikontrol.

“Dampak Danau untuk lingkungan sangat bermanfaat sekali, karena Danau tersebut sudah mengalami pendangkalan atau sedimentasi lumpurnya pun sudah terlalu banyak makan jika tidak dilakukan normalisasi otomatis akan berdampak genangan atau banjir di wilayah tersebut,” katanya.

Amril berharap normalisasi yang dilakukan tersebut tidak lagi menghambat air yang mengalir dan dapat menampung air lebih banyak lagi agar bisa dimanfaatkan atau dikelola menjadi air minum.

“Dengan giat normalisasi tersebut semoga danau yg sudah mengalami sedimentasi lumpurnya tidak menghambat aliran air yg mengalir dari saluran perumahan,” harapnya.

Tags : Banjir , BNPB