Bahas Peristiwa Kebakaran Depo Plumpang, Komisi VI DPR Bakal Panggil Pertamina Usai Reses

| Rabu, 08/03/2023 20:03 WIB
Bahas Peristiwa Kebakaran Depo Plumpang, Komisi VI DPR Bakal Panggil Pertamina Usai Reses Gedung Pertamina Jakarta (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM – Komisi VI DPR RI akan memanggil pihak Pertamina seusai masa reses untuk membahas peristiwa kebakaran Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara yang terjadi pada akhir pekan lalu.

"Kami dari Komisi VI DPR, tentu akan menindaklanjuti hal ini pada masa sidang setelah reses ini. Saya turut prihatin dan berduka cita yang amat dalam atas musibah yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, yang mengakibatkan korban jiwa,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung dilansir dprgoid, Selasa, 7 Maret 2023.

Komisi VI DPR juga, imbuh Martin akan meminta agar Pertamina melakukan reviu secara menyeluruh terkait aspek safety dari depo-depo dan kilang-kilang milik Pertamina. Menurutnya, analisis risiko seluruh fasilitas itu penting dilakukan untuk menjadi bahan evaluasi dan perbaikan ke depan.

"Karena sebelumnya juga sudah terjadi kebakaran serupa di Balongan dan juga di Cilacap," imbuhnya.

Peristiwa kebakaran di Depo Pertamina harus menjadi perhatian serius dari Pertamina. Terutama mengenai lokasi, apakah dekat dengan pemukiman warga, juga disebabkan faktor alam seperti petir dan lain sebagainya.

"Ini harus menjadi pusat perhatian yang serius. Dilihat pusat lokasinya seperti apa, dan kalau memang penyebabnya adalah petir seperti yang terjadi sebelumnya, tentu harusnya ada teknologi yang bisa untuk mengatasi hal ini. Karena itu, sekali lagi saya turut berduka cita dan kami akan menindaklanjuti ini," ucap Martin.

Seperti diketahui, Depo Pertamina Plumpang mengalami insiden kebakaran pada Jumat, 3 Maret 2023 lalu menyebabkan warga yang bermukim di lokasi Depo menjadi korban. Hingga 7 Maret 2023, tercatat ada 19 orang meninggal dunia dan 35 orang masih dirawat di Sembilan rumah sakit.

Tags : Pertamina , Depo Plumpang Kebakaran