Pemerintah Pusat Ajak Pemda Perkuat Layanan Kesehatan di Puskesmas

| Kamis, 30/03/2023 22:49 WIB
Pemerintah Pusat Ajak Pemda Perkuat Layanan Kesehatan di Puskesmas Ilustrasi ruangan Rumah Sakit (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah pusat mengajak pemerintah daerah untuk memperkuat layanan kesehatan dasar di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Posyandu.

“Yang akan kita lakukan adalah perubahan di dalam sektor kesehatan melalui pilar pertama transformasi kesehatan mengenai layanan primer. Ini kita memperkuat layanan dasar kita,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha saat Rakerda Provinsi Jawa Tengah, di Solo, Rabu, 29 Maret 2023.

Kunta mengungkapkan bahwa Puskesmas dan Posyandu menjadi fasilitas kesehatan terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat. Untuk itu, diperlukan penguatan pelayanan kesehatan di fasilitas tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

“Ini kita memperkuat layanan dasar kita. Kita punya Puskesmas, Posyandu, Pustu, Poskesdes. Itu semua adalah sarana mengubah mindset masyarakat yang tadinya lebih memilih kuratif atau pengobatan menjadi promotif preventif,” ungkapnya.

Kunta menuturkan, penguatan Puskesmas dan Posyandu bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan di Indonesia seperti stunting.

“Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di 2022. Artinya masih ada anak stunting walaupun prevalensi turun,” tukasnya.

Tags : Puskesmas , USG , Ibu Hamil

Berita Terkait