Wapres Dorong Pertamina Lakukan Perbaikan Tata Kelola dan Manajemen Resiko

| Selasa, 04/04/2023 21:42 WIB
Wapres Dorong Pertamina Lakukan Perbaikan Tata Kelola dan Manajemen Resiko KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: YouTube NU Channels)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menilai bahwa Pertamina perlu segera melakukan tata kelola dan manajemen risiko yang baik agar kejadian kebakaran kilang minyak tidak terulang lagi.

"Yang penting itu perbaikan di tata kelola untuk menghindari itu (terjadinya kebakaran). Tata kelolanya mungkin diperbaiki, terutama yang menyangkut manajemen risiko," ujar Kiai Maruf dalam keterangan pers yang disampaikan usai meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Semarang, Jawa Tengah Selasa, 4 April 2023.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai, mengalami kebakaran Sabtu (1/4). Kejadian tersebut merupakan kali kedua dalam waktu dekat, setelah sebelumnya Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM)Plumpang, Jakarta, yang juga milik Pertamina, terbakar pada 3 Maret 2023 silam.

Wapres menyampaikan, asesmen dan evaluasi harus dilakukan di seluruh properti milik Pertamina, tidak hanya di Jakarta, namun juga di daerah. "Asesmen dan evaluasi terutama di seluruh kilang-kilang karena memang di situ potensi terjadinya kebakaran itu yang besar sekali. Sehingga perlu ada perbaikan tata kelolanya untuk hindari itu," kata Wapres.

Wapres mendorong Pertamina mengevaluasi tata kelola guna menekan seminimal mungkin risiko yang terjadi, terutama di sisi manajemen risiko.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Pertamina , Tata Kelola , Kilang