Kementerian PUPR Dukung Penataan Kawasan Monas

| Rabu, 12/04/2023 20:29 WIB
Kementerian PUPR Dukung Penataan Kawasan Monas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung rencana Penataan Kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, sesuai dengan rancangan revitalisasi area terbuka hijau Kawasan Monas, kegiatan penataan ini dapat menambah area terbuka hijau Kawasan Monas dari 50% menjadi 64%.

“Rencana penataan, penghijauan di Monas ini untuk lebih nyaman sebagai ruang terbuka bagi masyarakat. Kita akan bawa dewan pengarah penataan kawasan dan diketuai oleh Bapak Mensesneg dan akan kita segera laksanakan tahun 2023 ini,” kata Menteri Basuki Hadimuljono dilansir pupr, Selasa, 11 April 2023.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa Kawasan Monas merupakan Kawasan Cagar Budaya sesuai dengan SK Gubernur No.475 Tahun 1993 dan SK Penetapan Cagar Budaya No.PM.13/PW.007/MKP/05, sehingga rencana penataan Kawasan Monas harus menggunakan strategi pelestarian kawasan cagar budaya dengan pendekatan revitalisasi.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pembahasan terkait penataan Kawasan Monas beberapa kali, dan terakhir bulan Februari 2023.

Penataan kawasan Monas ini merupakan hasil pemenang atas sayembara yang dilakukan oleh Pemerintah DKI  untuk menghijaukan kawasan Monas dan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan pembangunannya oleh DKI Jakarta, Kementerian PUPR, Kementerian  BUMN dan Kementerian Perhubungan.

Tags : Kawasan Monas , PUPR

Berita Terkait