Menkeu Sri Mulyani Indrawati Paparkan Empat Tantangan Global ke Depan

| Jum'at, 19/05/2023 18:53 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati Paparkan Empat Tantangan Global ke Depan Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa berakhirnya status pandemi Covid-19 sebagai kejadian darurat kesehatan publik bukanlah akhir dari tantangan global yang harus dihadapi oleh suatu negara.

“Perkembangan dinamika global yang sedemikian cepat pasca pandemi telah menciptakan kompleksitas yang berat dalam tahun tahun sekarang dan ke depan. Ada empat tantangan besar yang sedang dan akan dihadapi oleh Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia,” ungkap Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat memberikan keterangan Pemerintah atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) dalam RAPBN 2024 di Senayan, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.

Pertama, Menkeu Sri Mulyani  menyampaikan bahwa ketegangan geopolitik menjadi tantangan paling berat. Meningkatnya tensi geopolitik menyebabkan perubahan signifikan arah kebijakan ekonomi negara-negara besar menjadi inward looking. 

"Akibatnya, dunia semakin terfragmentasi dan tren globalisasi berubah menjadi deglobalisasi," imbuhnya.

Kedua, lanjut Sri Mulyani,  kecepatan perkembangan teknologi digital. Menurutnya, perubahan teknologi informasi yang cepat membawa manfaat bagi masyarakat maupun efisiensi produksi. Namun di sisi lain, hal ini menghadirkan tantangan berupa penghematan tenaga kerja manusia secara masif, persoalan privasi, dan keamanan siber.

Selain itu, ketiga kata Sri Mulyani, tantangan lain adalah perubahan iklim global. Respon kebijakan mitigasi dan adaptasi oleh negara maju terhadap perubahan iklim menimbulkan persoalan bagi banyak negara berkembang. 

"Seperti kebijakan Inflation Reduction Act (IRA) di Amerika Serikat dan Carbon Border Adjustment Mechanism (CBAM) di Uni Eropa. Sementara itu, tantangan terakhir yaitu pandemi seperti Covid-19 yang membutuhkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan," tukasnya.

Tags : Tantangan Global , Kemenkeu

Berita Terkait