Anggota Komisi IV DPR Minta Pemerintah Sinkronisasi Data Sebelum Lakukan Impor Beras

| Selasa, 23/05/2023 19:02 WIB
Anggota Komisi IV DPR Minta Pemerintah Sinkronisasi Data Sebelum Lakukan Impor Beras Ilustrasi beras

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia meminta pemerintah untuk melakukan sinkronisasi data kebutuhan nasional terlebih dahulu baru melakukan impor beras.

”Dari awal Komisi IV mendorong supaya ada sinkronisasi data kebutuhan dan hasil produksi,” kata Riezki Aprilia dalam keterangannya, Selasa, 23 Mei 2023.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang berencana membuka opsi kembali mpor beras guna antisipasi kelangkaan pangan akibat fenomena El Nino. Padahal, menurut Riezki, pemerintah bisa mengantisipasi perubahan iklim.

“Antisipasi climate change itu dirasakan oleh hampir semua wilayah bahkan beberapa titik sudah muncul hotspot (titik panas). Ini yang memang harus segera diantisipasi oleh pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan meminta pemerintah untuk betul-betul mengkaji secara mendalam terkait rencana impor dua juta ton beras. Ia berharap, rencana tersebut tidak berdampak terhadap kondisi petani yang saat ini sedang memasuki masa panen raya.

"Jangan sampai impor beras merusak harga beras petani, bagaimana dengan program food estate yang harusnya berdampak akan kesejahteraan petani. Food estate ini kan tujuannya positif dalam mendukung ketahanan pangan nasional, terutama di tengah ancaman dan krisis pangan," ujar Daniel.

Tags : Impor Beras , Kemendag , Komisi IV DPR

Berita Terkait