Pemerintah Pastikan Layanan Penerbangan Haji yang Aman, Lancar dan Selamat

| Kamis, 25/05/2023 23:17 WIB
Pemerintah Pastikan Layanan Penerbangan Haji yang Aman, Lancar dan Selamat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau penerbangan jemaah haji di Bandara Soeta (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 24 Mei 2023. Tinjauan ini untuk memastikan layanan penerbangan Haji Tahun 2023 berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan lancar.

"Ibadah haji adalah panggilan Allah SWT, karena tidak semua orang bisa menunaikan ibadah ini. Kepada para jamaah yang berangkat, tetap semangat menjalankan ibadah dan semoga sehat selalu," kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan pesawat, fasilitas sarana prasarana bandara, hingga personil yang bertugas dapat memberikan keamanan, keselamatan, dan pelayanan maksimal bagi para jemaah.

"Bagi para jemaah haji lansia, kami juga berkoordinasi dengan Kementerian Agama menyiapkan layanan ramah lansia, sehingga para lansia lebih mudah mengakses fasilitas yang ada di bandara," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kerajaan Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia menyepakati bahwa kuota haji tahun 2023 sebanyak 221.000 orang jemaah. Kuota ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus.

Jemaah haji dibagi menjadi 537 kloter dan diberangkatkan oleh 2 maskapai yaitu Garuda Indonesia yang akan melayani 287 kloter dan Saudi Arabian Airlines yang melayani 250 kloter.

Tags : Haji Indonesia 2023

Berita Terkait