Bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Jokowi Bahas Sejumlah Kerja Sama Kedua Negara

| Kamis, 08/06/2023 22:17 WIB
Bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Jokowi Bahas Sejumlah Kerja Sama Kedua Negara Presiden Jokowi bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim di Malaysia (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim di Kompleks Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis (08/06/2023).

Kedua pimpinan negara itu membahas sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Malaysia di berbagai bidang. Salah satunya adalah terkait proses negosiasi batas laut teritorial yang berhasil diselesaikan setelah hampir 18 tahun.

“Saya menyambut baik penyelesaian negosiasi batas laut teritorial di Laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan setelah 18 tahun proses negosiasi, 18 tahun bisa diselesaikan, alhamdulillah berkat Dato’ Seri Anwar Ibrahim,” kata Presiden Jokowi dikutip laman setkab.

Selain itu, Presiden Jokowi turut menyambut baik penyelesaian sejumlah memorandum of understanding (MoU) antara kedua negara, di antaranya terkait perjanjian lintas batas atau border crossing agreement, perjanjian perdagangan perbatasan atau border trade agreement, sertifikasi halal, dan kerja sama promosi investasi.

“Saya dan Pak Anwar sepakat untuk membentuk mekanisme khusus bilateral untuk menyelesaikan masalah-masalah pekerja migran Indonesia. Saya juga mendorong Community Learning Center di Semenanjung segera diwujudkan, dan juga WNI yang ada di Depo Imigrasi juga bisa segera dipulangkan, serta one channel system harus dioptimalkan,” imbuhnya.

Terakhir, Presiden Jokowi juga mendorong kolaborasi untuk melawan diskriminasi kelapa sawit dan juga komoditas lainnya untuk terus diperkuat. “Jangan sampai komoditas-komoditas yang dihasilkan oleh Malaysia, oleh Indonesia, didiskriminasi di negara lain,” tukasnya.

Tags : Indonesia , Malaysia