Gus Halim Ungkap Pentingnya Penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam Membangun Desa

| Jum'at, 09/06/2023 20:00 WIB
Gus Halim Ungkap Pentingnya Penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam Membangun Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menegaskan pentingnya teknologi tepat guna dalam pembangunan desa. Ia berharap teknologi tepat guna bisa mengolah semua potensi yang ada di desa.

"Oleh karena itu dana desa juga digunakan untuk pelatihan dan pengadaan teknologi tepat guna. Utamanya yang dibutuhkan pelaku usaha di desa," kata Gus Halim dalam rilisnya, Kamis, 8 Juni 2023.

Gus Halim mengungkapkan bahwa UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, menyebut teknologi tepat guna sebanyak empat kali. Pertama, dalam Pasal 26 Ayat 2 menyebutkan bahwa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat desa, kepala desa harus memanfaatkan teknologi tepat guna.

"Selanjutnya di Pasal 80 Ayat 2 menyebutkan bahwa pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna harus dipertimbangkan ketika pemerintah desa menetapkan prioritas program, kegiatan pembangunan desa di dalam musyawarah desa," imbuhnya.

Ketiga, kata Gus Halim, pada Pasal 83 Ayat 3 yaitu pembangunan kawasan pedesaan, salah satunya harus ditempuh dengan pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna.

“Keempat pada Pasal 112 Ayat 3 yang menyatakan pemerintah maupun pemerintah daerah dalam menjalankan urusan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, salah satunya harus ditempuh dengan penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi tepat guna, dan temuan baru untuk kemajuan ekonomi dan pertanian masyarakat desa,” tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT