Menteri ATR/BPN Targetkan 80 Juta Bidang Tanah Bersertifikat Tahun 2025

| Selasa, 20/06/2023 19:52 WIB
Menteri ATR/BPN Targetkan 80 Juta Bidang Tanah Bersertifikat Tahun 2025 Hadi Tjahjanto (Menteri ATR/BPN). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan 80 juta bidang tanah di Indonesia sudah memiliki sertifikat di awal tahun 2025.

"Pemerintah melalui program revolusioner yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap menargetkan 80 juta bidang tanah ini harus memiliki sertifikat di awal tahun 2025," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dilansir dari antaranews, Selasa, 20 Juni 2023.

Menteri ATR/BPN mengungkapkan bahwa target tersebut tidak lepas dari kondisi tanah di Indonesia pada tahun 2017 yang baru 46 juta bidang tanah mengantongi sertifikat. Padahal, target nasional ialah 126 juta bidang tanah.

Menteri Hadi menyampaikan, sebelum adanya perubahan di kementerian yang dipimpinnya, rata-rata per tahun hanya 500 ribu bidang tanah yang bisa diselesaikan atau sertifikat-nya diterbitkan. Artinya, apabila tidak menerapkan PTSL, maka warga yang ingin memperoleh sertifikat tanah harus menunggu sekitar 160 tahun.

Untuk memperoleh sertifikat tanah, masyarakat cukup mendaftarkan ke BPN setempat dengan menunjukkan bukti yuridis beserta dokumen yang diperlukan. Jika sudah didaftarkan maka tidak ada lagi persoalan mengungkit-ungkit karena telah terdaftar, dan tinggal menunggu sertifikat diterbitkan.

Tags : Kementerian ATR/BPN , Sertifikat Tanah , PTSL , Indonesia

Berita Terkait