Bahas Kerja Sama Indonesia-Australia, Jokowi Temui Ketua Oposisi Australia Peter Dutton

| Selasa, 04/07/2023 22:08 WIB
Bahas Kerja Sama Indonesia-Australia, Jokowi Temui Ketua Oposisi Australia Peter Dutton Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Oposisi Australia Peter Dutton, di Admiralty House, Sydney (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Ketua Oposisi Australia Peter Dutton, di Admiralty House, Sydney, pada Selasa (04/07/2024).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk Australia Siswo Pramono.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyebut Australia merupakan sahabat sekaligus mitra strategis Indonesia dan ASEAN. Seperti halnya kerja sama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

“Sejak implementasi Indonesia-Australia CEPA 3 tahun lalu, hubungan kedua negara saat ini sangat kuat. Perdagangan naik 90 persen, investasi juga naik 50 persen, dan berbagai kemajuan kerja sama lainnya,” ujar Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengharapkan dukungan Ketua Oposisi Peter Dutton agar kerja sama ekonomi antara dua negara lebih substantif dan lebih strategis di masa depan, termasuk kerja sama pengembangan industri EV baterai.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap adanya peningkatan kerja sama Indonesia dan Australia di Pasifik, antara lain melalui kerja sama trilateral.

Tags : Indonesia , Australia , Presiden Jokowi