Pemerintah tengah Finalisasi Perizinan Acara lewat Satu Pintu

| Senin, 21/08/2023 13:16 WIB
Pemerintah tengah Finalisasi Perizinan Acara lewat Satu Pintu Konser Dewa 19 All Stars (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mengatakan regulasi terkait pelayanan perizinan satu pintu untuk kegiatan ekonomi kreatif seperti konser, seni dan olahraga dalam tahap finalisasi.

Nantinya perizinan yang awalnya terbit beberapa jam sebelum kegiatan berlangsung akan menjadi 14-21 hari sebelum kegiatan.

“Memang ada di kami (perizinan) yang nantinya akan dibuatkan mekanisme perizinan satu pintu. Saat ini masih dalam tahap finalisasi dan kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Senin 21 Agustus 2023.

Nantinya sistem perizinan yang baru akan di uji coba di lima venue dahulu yang ada di Jabodetabek di antaranya ICE BSD, JIS, dan GBK. 

“Kita coba dahulu di tengah-tengah Pemilu, tetap ada konser,” sambung Sandi.

Digitalisasi di dalam regulasi itu, kata Sandiaga, juga diharapkan bisa mempercepat proses perizinan. Proyek percontohan digitalisasi perizinan tersebut akan diuji coba pada September 2023 dan dievaluasi secara periodik, sehingga memudahkan penyelenggara untuk mendapatkan perizinan.

“Kita berharap prosesnya selesai 21 hari untuk perizinan. Dan apabila konser-konser besar diharapkan 3 bulan sebelum konser digelar izinnya sudah bisa keluar. Sementara untuk konser-konser yang lebih kecil diharapkan 1 bulan sebelum konser digelar perizinannya sudah keluar. Jadi tidak last minute izinnya keluar,” katanya.

Tags : Izin konser , izin acara

Berita Terkait