Gus Halim Ungkap Peran Penting Pendamping Desa dalam Pemanfaatan Dana Desa

| Senin, 28/08/2023 21:34 WIB
Gus Halim Ungkap Peran Penting Pendamping Desa dalam Pemanfaatan Dana Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: Gus Halim)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengingatkan bahwa pendamping desa harus mampu meningkatkan pemahaman warga desa dalam memanfaatkan dana desa untuk pembangunan yang berkelanjutan.

"Memberikan pemahaman yang utuh dan benar terkait manajemen pembangunan desa, utamanya tentang pemanfaatan Dana Desa," kata Gus Halim di Kota Serang, Banten, Sabtu. 26 Agustus 2023 lalu.

Menurut Gus Halim, meningkatnya pemahamam warga tentang dana desa, akan meningkatkan partisipasi mereka dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang sesuai kebutuhan.

"Supaya partisipasi masyarakat itu semakin tinggi dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan level Desa," papar Gus Halim.

Tak kalah pentingnya, Gus Halim juga meminta pendamping desa untuk menjelaskan kepada warga, tugas pokok dan fungsinya terutama dalam pengelolaan dana desa. Hal ini untuk mencegah tuduhan yang tidak realistis terhadap Pendamping Desa.

"Juga harus memberikan penjelasan tentang tugas-tugas yang diemban oleh Tenaga Pendamping Desa," tukas Gus Halim.

Tags : Gus Halim , Pendamping Desa