Pengamat: Pintu-pintu NU Mulai Terbuka untuk Pasangan AMIN

| Senin, 18/09/2023 20:01 WIB
Pengamat: Pintu-pintu NU Mulai Terbuka untuk Pasangan AMIN Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau AMIN (Pasangan bakal Capres dan Cawapres). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pasangan bakal calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau disingkat AMIN mulai menunjukkan peningkatan suara di Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC), Rio Prayogo, Minggu, 17 September 2023, saat mempresentasikan hasil survei PRC.

"Pintu-pintu NU mulai terbuka untuk pasangan AMIN," ujar Rio.

Disampaikannya, warga maupun tokoh Nahdlatul Ulama (NU) mulai membuka hati dan menerima pasangan AMIN yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PKS dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Bahkan, sambungnya, bila konsolidasi basis NU dan PKB di Jawa Timur terus berlangsung, maka suara AMIN akan terus naik.

"Jika konsolidasi basis NU dan PKB di Jatim terus berlangsung, kita percaya suara Anies-Muhaimin akan naik dan suara Prabowo akan turun," tukasnya.

Rio menuturkan, deklarasi pasangan AMIN juga berdampak pada kenaikan suara pemilih Anies dalam dua minggu terakhir di Jatim. "Deklarasi ini ternyata berefek kepada kenaikan suara Anies Baswedan dalam seminggu terakhir, khususnya di Jawa Timur," imbuhnya.

Temuan lainnya, kata Rio, menunjukkan mulai ada pergeseran suara PKB ke Anies setelah berpasangan dengan Gus Imin (Muhaimin Iskandar). "Suara PKB juga terlihat sudah mulai bergeser ke Capres Anies Baswedan setelah berpasangan dengan Gus Imn," tuturnya.

Tags : AMIN , PRC , Gus Imin , Jawa Timur , NU