Anies-Gus Imin Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Adat Bonokeling

| Rabu, 04/10/2023 06:01 WIB
Anies-Gus Imin Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Adat Bonokeling Pasangan bakal Capres dan Cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersilaturahmi ke Masyarakat Adat Adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (3/10). (Foto: twitter @cakimiNOW)

RADARBANGSA.COM - Bacapres dan Bacawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar bersilaturahmi ke Masyarakat Adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, 3 Oktober 2023. Kedatangan Anies-Gus Imin (AMIN) ini terasa istimewa karena masyarakat Bonokeling menyambut keduanya dengan ritual adat khas lengkap dengan baju adat serba hitam.

Ketua Adat Bonokeling, Kyai Sumitro menjelaskan, adat Bonokeling adalah tradisi turun temurun semenjak nenek moyang, kemudian bukan semata milik komunitas adat saja tapi seluruh nusantara dan dunia. Jadi siapapun boleh sowan asalkan mematuhi aturan di desa tersebut, salah satunya harus mengikuti prosesi slametan dan memakai pakaian yang disesuaikan.

“Hari ini saya mengucapkan terima kasih kedatangan dari Bacapres dan Bacawapres Anies dan Muhaimin, selama ini belum pernah ada tamu yang langsung datang ke sini (capres cawapres), hanya utusan-utusan saja,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan Pak Anies dan Muhaimin apa yang diinginkan tercapai, kami hanya bisa memberikan doa kepada Allah SWT, semoga doa ini tercapai,” tambahnya.

Konsistensi Warga Bonokeling dalam menjaga tradisi membuat pasangan AMIN kagum, apalagi Indonesia adalah sebuah negeri yang kaya raya dengan budaya. Warisan leluhur ini dirawat, dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat Bonokeling, di mana mereka terus menjaga menghormati warisan budayanya sampai dengan sekarang.

“Kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih telah menjaga warisan budaya dengan amat konsisten dan kami merasa bersyukur ketika kami tiba mereka memberikan sambutan dengan upacara adat yang kami ikuti sama-sama, kami bersyukur mereka ikut mendoakan,” terang Anies.

Kemudian, Anies dan Gus Imin juga mendengar langsung apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat Bonokeling, yakni permasalahan pertanian. “Mudah-mudahan warisan budaya bisa kita jaga karena itu menjadi bagian dari komitmen kita sekaligus mereka menyampaikan apa yang menjadi aspirasi terkait dengan kegiatan pertanian, insya Allah menjadi perhatian bagi kami,” tandas Anies.

Sementara itu, Gus Imin juga mengaku kagum atas prinsip yang dipegang oleh masyarakat Bonokeling, karena mereka begitu sabar dan tawakal serta mandiri.

“Tradisi ajaran untuk sabar, mandiri dan penuh dengan tawakkal yang terus mereka jaga adalah kekuatan budaya yang memperkuat bangsa kita, karena itu kami juga terima kasih dan insya Allah apa yang menjadi aspirasi, yakni pertanian akan sekuat tenaga mengatasi masalah pertanian yang mereka hadapi,” tutup Gus Imin.

Masyarakat Bonokeling memang memegang teguh 3 prinsip dalam menjalani kehidupan yakni bakti pada maha kuasa, kedua bakti pada orang tua, dan ketiga bakti kepada pemerintah.

Tags : AMIN , Bonokeling , Banyumas , Gus Imin , Anies