Komisi VI DPR RI Minta Pemerintah Panggil Dubes Jepang Imbas Limbah Fukushima

| Rabu, 11/10/2023 16:42 WIB
Komisi VI DPR RI Minta Pemerintah Panggil Dubes Jepang Imbas Limbah Fukushima Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza meminta pemerintah memanggil Duta Besar Jepang untuk Indonesia (H.E) Kenji Kanasugi. Pemanggilan tersebut untuk menjelaskan keputusan Jepang membuang limbah radioaktif dari PLTN Fukushima dan imbasnya pada negara lain, termasuk Indonesia.

"Pemerintah perlu memanggil Dubes Jepang untuk meminta penjelasan dan informasi selengkap mungkin," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Politisi PKB itu mengatakan bahwa limbah nuklir yang dibuang otoritas Jepang perlu mendapatkan perhatian Pemerintah Indonesia. Untuk itu, Faisol meminta Kementerian Perdagangan untuk berkoordinasi dengan lembaga setara di Jepang. 

Koordinasi itu untuk mengantisipasi gejolak terkait produk impor seafood dari Jepang. Isu seafood dari Jepang menjadi perhatian karena air tercemar radioaktif itu dibuang ke laut.

Dalam laporan operator PLTN Fukushima, Tepco, ditemukan ada ikan yang mengandung radioaktif jauh di atas batas aman. Untuk itu, Faisol menekankan perlunya perhatian internasional untuk memastikan keamanan limbah itu. Sebab, dengan dibuang ke laut, imbasnya akan dirasakan tidak hanya oleh Jepang.

Diketahui, pada Agustus-November 2023, Jepang memutuskan membuang 15.600 ton air tercemar limbah radioaktif dari inti reaktor PLTN Fukushima. Sampai Maret 2023, total akan dibuang hampir 34.000 ton air tercemar limbah radioaktif dari inti reaktor PLTN Fukushima.

Tags : DPR RI , Limbah Radioaktif , Jepang , Indonesia