Wapres Dorong Pembentukan DBOD Tingkatkan Prestasi Olahraga Papua

| Jum'at, 13/10/2023 22:03 WIB
Wapres Dorong Pembentukan DBOD Tingkatkan Prestasi Olahraga Papua Wapres RI, KH Maruf Amin foto bersama setelah berdialog dengan para tokoh olahraga Papua di Stadion Utama Papua Bangkit, Nolokla, Kecamatan Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (11/10). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin memerintahkan agar dibentuk jajaran komite di daerah untuk mendukung sinkronisasi pemerintah pusat dan daerah melalui pembentukan Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD). Hal tersebut dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di Papua, termasuk bidang olahraga.

"Saya kira komite daerahnya itu sudah harus dibentuk dan dibuat DBOD yang mengacu pada DBON, sehingga antara pusat dan daerah itu sinkron. Ini saya kira yang perlu," kata Wapres dikutip dari laman resmi Wapres RI, Jumat, 13 Oktober 2023.

Lebih lanjut, Wapres akan meminta para pemangku kepentingan dapat meningkatkan koordinasi guna mempererat jalinan kerja sama dalam menyikapi ragam persoalan olahraga di Papua.

"Saya minta itu nanti diolah oleh Kementerian (Pemuda dan Olahraga) maupun oleh Menko (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) bahwa ada persoalan yang harus dihadapi. Dan kebetulan saya memang ditugaskan untuk mengoordinasikan," tukasnya.

Wapres menyampaikan harapannya agara di Papua dapat segera di bangun pusat pengembangan dan inovasi bidang keilmuan olahraga yang dapat menyokong kemajuan industri olahraga di Tanah Papua.

"Saya harap Papua akan bisa lebih cepat untuk dapat dibangun sport science ini, ikut memajukan," harap Wapres.

Tags : Wapres RI , DBOD , Papua , Olahraga