Gus Imin Salurkan Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan

| Selasa, 17/10/2023 13:06 WIB
Gus Imin Salurkan Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan Ketua Umum PKB, Gus Imin, memberikan bantuan air bersih gratis untuk warga yang terdampak kekeringan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (16/10). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar yang juga Cawapres dari Koalisi Perubahan membagikan bantuan air bersih gratis untuk warga yang terdampak kekeringan. Bantuan tersebut disalurkan pada Senin, 16 Oktober 2023 kepada warga Kabupaten Malang, Jawa Timur melalui tim relawan lapangan. 

Setidaknya, terdapat 4 desa yang terdampak kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih gratis, yakni Desa Tambak Asri dan Desa Kedung Banteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Desa Kemiri serta Desa Jabung Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. 

Sekjen DPP PKB, M. Hasanuddin Wahid atau akrab disapa Cak Udin menyampaikan, bantuan ini merupakan program rutin bertajuk Gus Muhaimin Peduli. 

Program tersebut digagas oleh Ketum PKB Gus Muhaimin Iskandar. Cak Udin mengungkapkan, PKB berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang dilanda bencana, termasuk masyarakat yang sedang membutuhkan uluran bantuan. 

"Musim kemarau berkepanjangan ini menyebabkan kekeringan sehingga warga kekurangan air bersih. Air bersih itu adalah sumber kehidupan. Jangan sampai warga terdampak ini terabaikan," kata Cak Udin.

Anggota DPR RI Dapil Malang Raya tersebut menjelaskan bahwa daerah Kabupaten Malang khusus daerah Malang Selatan memang wilayah yang rentan kekeringan. Wilayah ini harus diantisipasi lebih dahulu adanya kekeringan.

"Selain Malang Selatan, Malang Utara juga rentan terdampak. Kalau di selatan daerah Sumbermanjing Wetan. Malang utara ada Kecamatan Jabung yang juga rentan bencana kekeringan," terangnya. 

Pria asal Kota Batu ini menerangkan bahwa program sosial untuk penanggulangan dampak kekeringan ini akan terus digalakkan sesuai arahan Ketum PKB. 

Gus Imin, lanjut Cak Udin, mengatakan agar pengurus dan kader-kadernya di seluruh Indonesia peka terhadap fenomena sosial. Seperti yang terjadi saat ini, fenomena El Nino juga ancaman bagi para petani terhadap hasil panen pertanian mereka. 

"Jadi program pembagian air bersih ini kita prioritaskan karena air bersih itu kebutuhan dasar manusia. Jangan sampai kita kekurangan air bersih yang berimbas kepada kesehatan masyarakat kita. Ini atensi PKB dan Gus Ketum," tegasnya. 

Sementara itu, Tobari salah satu warga yang menerima bantuan mengatakan, kekeringan memang menjadi salah satu masalah yang tengah dihadapi bersama keluarganya dan warga lain.

Warga Kedung Banteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan itu sangat berterima kasih kepada Gus Muhaimin dan PKB yang memberikan kepedulian kepada masyarakat terdampak kekeringan.

"Kami sudah berminggu-minggu bahkan beberapa bulan terakhir ini memang kekurangan air bersih. Sumur-sumur kami kering tidak mengeluarkan air, kami sangat kesulitan sekali bahkan sebelum ada bantuan air bersih ini, kami mengambil air ke sumber mata air yang sumbernya pun juga kecil dan kita tempuh dengan 5-7 km," tuturnya.

Tags : Gus Imin , PKB , Air Bersih , Malang