Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Waspadai Dampak Konflik Hamas-Israel

| Senin, 30/10/2023 18:07 WIB
Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Waspadai Dampak Konflik Hamas-Israel Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta para pejabat Kepala Daerah di seluruh Indonesia untuk turut mewaspadai kenaikan harga minyak dunia. Hal itu akibat dampak dari pertempuran yang terus berlangsung antara kelompok Hamas Palestina dan Israel.

"Semua (negara) masuk ingin saling membantu, yang terjadi adalah kenaikan harga minyak. Ini yang mengakibatkan semua negara akan pusing," kata Presiden Jokowi ketika memberikan pengarahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Meskipun pusat konflik di Gaza sangat jauh, Jokowi mengingatkan agar Indonesia tetap harus berhati-hati karena pertempuran bisa meluas hingga melibatkan Lebanon, Suriah, atau Iran. "Alhamdullilah sampai saat ini kenaikan (harga minyak mentah) Brent tidak begitu tinggi karena memang eskalasi yang tidak meluas, (konfliknya) masih di Gaza," tambahnya.

Karena itu, Presiden Jokowi meminta para penjabat kepala daerah untuk juga mewaspadai kondisi global agar bisa merumuskan atau mengambil kebijakan terbaik untuk kepentingan rakyat. "Situasi seperti ini Bapak/Ibu harus tahu, sehingga dalam bekerja itu mengerti kalau harga BBM naik artinya inflasi akan naik, artinya harga barang dan jasa juga naik," tuturnya.

Pertemuan Presiden Jokowi bersama para penjabat kepala daerah dihadiri oleh 37 penjabat wali kota, 133 penjabat bupati, dan 23 penjabat gubernur se-Indonesia.

Tags : Jokowi , Kepala Daerah , Konflik , Indonesia

Berita Terkait