Presiden Jokowi Lepas Bantuan Indonesia untuk Warga Palestina di Gaza

| Sabtu, 04/11/2023 19:35 WIB
Presiden Jokowi Lepas Bantuan Indonesia untuk Warga Palestina di Gaza Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk warga Palestina di Gaza di Pangkalan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk warga Palestina di Gaza. Bantuan tersebut berupa alat kesehatan dan makanan dengan berat total 51,5 ton. 

"Alhamdulillah bantuan Indonesia untuk Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish Mesir dan diteruskan ke Gaza," kata Presiden Jokowi saat agenda pelepasan pengiriman bantuan di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur di Jakarta, Sabtu, 4 November 2023 pagi.

Disampaikannya, bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya seberat total 51,5 ton itu merupakan tahap pertama bantuan yang dikirim Pemerintah RI ke Gaza.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan bahwa bantuan itu diangkut menggunakan tiga pesawat, meliputi dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat sewa Boing 737 Garuda Indonesia.

Bantuan tersebut, terang Presiden, bukan hanya dari Pemerintah RI, tetapi juga masyarakat dunia usaha yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan, seperti Baznas, PMI, dan Kita Bisa.

"Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima harus sesegera mungkin dihentikan," tuturnya.

Tags : Jokowi , Bantuan Kemanusiaan , Indonesia , Palestina , Gaza

Berita Terkait