Anies Baswedan Tegaskan Mahasiswa Punya Peran Ganda Majukan Indonesia

| Jum'at, 24/11/2023 07:10 WIB
Anies Baswedan Tegaskan Mahasiswa Punya Peran Ganda Majukan Indonesia Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Pasangan Capres dan Cawapres RI). (Foto: twitter @cakimiNOW)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan mahasiswa memiliki dua peran penting untuk membantu membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

"Mereka adalah anak-anak muda dan karena kemudaannya mereka punya dua peran, yaitu peran kekinian serta peran masa depan," kata Anies dikutip dari antaranews, Jumat, 24 November 2023.

Pernyataan Anies tersebut juga disampaikan saat menghadiri acara Diskusi dan Diseminasi Mahasiswa se-Jawa Timur di DBL Arena, Surabaya, Rabu malam (22/11). 

Anies menjelaskan peran kekinian merupakan langkah yang dilaksanakan para mahasiswa di masa sekarang dengan membangun kepekaan dan kekritisan dalam menyikapi setiap persoalan sosial di masyarakat.

"Mereka ikut dalam menyikapi persoalan-persoalan kemasyarakatan, terlibat memikirkannya, terlibat turun tangan, dan mereka terlibat untuk menyampaikan gagasan. Itu peran kekinian dari mahasiswa," tegasnya.

Capres yang dari Koalisi Perubahan itu optimistis jika kepekaan dan kekritisan mahasiswa sudah terasa, maka ke depannya mereka bisa menelurkan peran besar dalam menyusun setiap kebijakan negara yang mengacu pada aspek keadilan dan kesejahteraan rakyat. 

"Maka, merekalah yang nantinya ikut mengurus bangsa ini, republik ini," kata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sementara itu, Anies menyebut acara Diskusi dan Diseminasi Mahasiswa se-Jawa Timur merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan pola pikir. "Kami benar-benar bangga dan salut para mahasiswa memilih hadir, peduli, dan mengungkapkan gagasan yang ada di pikirannya. Pemikiran mereka bervariasi dan gagasannya beragam," kata Anies.

Tags : Anies Baswedan , Mahasiswa , Indonesia , Capres

Berita Terkait