Anggota Komisi II DPR Handayani Dorong Generasi Milenial dan Gen Z Tidak Golput

| Jum'at, 24/11/2023 22:53 WIB
Anggota Komisi II DPR Handayani Dorong Generasi Milenial dan Gen Z Tidak Golput Anggota Komisi II DPR RI Handayani (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi II DPR RI Handayani mendorong generasi milenial dan Gen Z tidaklah golput pada penyelenggaraan Pilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. Menurutnya, suara mereka menentukan kemajuan bangsa.

"Saya mendorong generasi milenial dan Gen Z pada penyelenggaraan pesta demokrasi 14 Februari 2024, diharapkan tidaklah golput, mereka harus pintar dalam memilih pasangan calon pasalnya suara mereka berpengaruh bagi Indonesia kedepanya," kata Handayani dilansir dprri, Jumat, 24 November 2023.

Saat melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Plt Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum termasuk KPUD DIY di Yogyakarya, Handayani mengungkapkan, partisipasi pemilih pemula pada penyelenggaraan pesta demokrasi yang sudah semakin mendekati harus terus disosialisasikan.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan edukasi kepada pemilih pemula, mereka bisa lebih aktif dan pintar dalam menentukan pilihan untuk pemimpin lima tahun kedepan, diharapkan pemimpin terpilih nantinya sesuai dengan harapan rakyat," katanya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Nasional untuk Pemilu 2024 sebesar 204.807.222 jiwa. Dari jumlah kurang lebih 55 hingga 60 persen diantaranya merupakan pemilih muda. Berdasarkan data KPU, jumlah pemilih muda mencapai 106.358.447 jiwa.

Sedangkan untuk di Provinsi Yogyakarta pemilih pemula yang baru menginjak 17 tahun sebanyak 164 yakni dari lima Kabupaten yakni Kulonprogo, Bantul, Gunung Kidul, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Tags : Pemilu 2024 , Komisi II DPR