KPU RI Ungkap Hasil Rapat dengan Timses, Bahas Format Debat Hingga Panelis

| Rabu, 06/12/2023 21:08 WIB
KPU RI Ungkap Hasil Rapat dengan Timses, Bahas Format Debat Hingga Panelis KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari memaparkan hasil rapat dengan ketiga perwakilan tim sukses (Timses) pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI, Rabu, 6 Desember 2023. Disampaikannya, rapat kedua tersebut membahas terkait pertama soal format debat capres-cawapres, kedua tema masing-masing debat, ketiga soal panelis.

"Kemudian yang keempat soal moderator yang akan memimpin atau memoderasi cepat capres dan cawapres. Kemudian yang kelima soal undangan yang akan hadir pada debat capres-cawapres," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Hasyim melanjutkan, jika dalam format debat pihaknya telah menentukan porsi debat pertama hingga kelima. "Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat Capres, Debat kedua adalah debat untuk Cawapres. Debat yang ketiga adalah debat untuk Capres. Debat keempat adalah debat untuk Cawapres. Dan yang kelima atau yang terakhir, itu porsinya untuk debat Capres," tuturnya.

Lalu, untuk topik debat sendiri, debat pertama temanya meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat kedua yang menjadi porsinya cawapres tema debatnya adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, ataupun keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Debat ketiga yang menjadi porsinya debat Capres temanya adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Debat keempat yang akan menjadi porsinya Cawapres temanya adalah pembangunan berkelanjutan, kemudian sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Kemudian, topik terakhir, tema debat terakhir menjadi porsinya debat capres meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, Ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan juga inklusi.

Berikutnya KPU RI sudah menyiapkan nama-nama tim panelis untuk masing-masing tema debat. "Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU dua hari lagi pada hari Jumat, 8 Desember 2023," ungkapnya.

Yang berikutnya, topik kelima yang jadi bahan pembicaraan dalam rapat adalah masing-masing tim pasangan calon akan diberikan kesempatan untuk tim yang hadir itu maksimal adalah 50 orang.

"Jadi KPU akan menyiapkan undangan kepada tim pasangan calon 1, 2, dan 3, 50 orang. Nah, tentang siapa-siapanya kami serahkan kepada masing-masing pasangan calon tentang siapa yang akan diundang atau diberikan undangan tersebut," pungkasnya.

Tags : KPU RI , Debat , Timses , Capres , Cawapres