KPU RI Umumkan 11 Panelis Untuk Debat Perdana Capres-Cawapres

| Sabtu, 09/12/2023 22:06 WIB
KPU RI Umumkan 11 Panelis Untuk Debat Perdana Capres-Cawapres KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan 11 panelis untuk debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12) mendatang. 

Komisioner KPU, August Mellaz mengatakan bahwa mereka yang menjadi panelis merupakan sosok yang kompeten di bidangnya. Dari daftar nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di tanah air.

 "Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis untuk debat yang pertama," kata August di Kantor KPU, Sabtu, 9 Desember 2023. 

Adapun mereka yang menjadi panelis adalah Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Undip), dan Khairul Fahmi (pakar hukum Unand). 

Kemudian ada juga Agus Riewanto (pakar hukum tata negara UNS), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Unpad), Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember). KPU juga menjadikan Ketua Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik sebagai panelis. Lalu ada Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas'udi (Dekan Fisipol UGM).

 Seluruh panelis, lanjut August Melasz, akan menjalani karantina mulai Minggu (10/12) sampai hari berlangsungnya debat di Jakarta. Mereka pun akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan.

Tags : KPU RI , Panelis , Debat , Capres , Cawapres , Pilpres