Ketua DPR RI Dorong Pemerintah Gencarkan Kembali Vaksinasi COVID-19

| Kamis, 14/12/2023 16:53 WIB
Ketua DPR RI Dorong Pemerintah Gencarkan Kembali Vaksinasi COVID-19 Seorang warga Jakarta saat dilakukan vaksinasi booster di Puskesmas Kramat Jati (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendorong pemerintah untuk kembali menggencarkan program vaksinasi COVID-19 baik dosis lengkap maupun booster. Hal itu disampaikannya setelah adanya kasus kematian akibat COVID-19 beberapa waktu lalu.

"Adanya pasien COVID-19 yang meninggal dunia, harus menjadi peringatan bagi kita semua," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 Desember 2023.

Puan mengimbau pemerintah harus semakin memasifkan sosialisasi dan edukasi, serta pelayanan vaksinasi bagi masyarakat. Hal itu sebagai langkah awal dalam mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Tanah Air. 

Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan terdapat dua pasien positif COVID-19 dinyatakan meninggal dunia usai terpapar virus tersebut. Diketahui, kedua orang yang berusia 81 dan 91 tahun itu memiliki komorbid atau penyakit bawaan dan belum divaksinasi dosis keempat.

Puan mengingatkan pemerintah agar memastikan ketersediaan dosis vaksin untuk masyarakat di setiap fasilitas kesehatan, apalagi sebentar lagi akan memasuki libur panjang dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

"Semua Puskesmas dan fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk pelayanan vaksinasi, harus memiliki stok dosis vaksin COVID. Sehingga masyarakat bisa mendapat vaksinasi dengan cepat, demi meningkatkan kembali antibodi dalam tubuh dan memperpanjang perlindungan dari keparahan maupun kematian akibat infeksi," tuturnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus COVID-19 meningkat tajam sejak akhir Oktober 2023. Pada periode 1-26 Oktober, tercatat 230 kasus, dan melonjak 54 persen menjadi 355 kasus pada 1-26 November 2023. Kenaikan ini diperkirakan sejalan dengan masuknya varian Eris atau EG.5 dan EG.2. 

Peningkatan kasus itu didominasi oleh subvarian Omicron XBB.1.5, yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi COVID-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG.2 dan EG.5 atau Eris.

Tags : DPR RI , Vaksinasi , COVID-19 , Puskesmas , Indonesia