Debat Pilpres 2024: KPU Izinkan Cawapres Gunakan Pena dan Kertas

| Kamis, 21/12/2023 20:11 WIB
Debat Pilpres 2024: KPU Izinkan Cawapres Gunakan Pena dan Kertas Hasyim Asyari (Ketua KPU RI). (Foto: tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Debat peserta pemilihan presiden (Pilpres) 2024 akan dilanjutkan pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang, di Jakarta Conventional Center (JCC). Pada debat kedua ini menampilkan calon wakil presiden (Cawapres) masing-masing paslon (pasangan calon).

Tak hanya itu, pada debat kedua nanti ada beberapa perubahan yang dilakukan KPU RI sebagai penyelenggara debat, yakni menggunakan podium hingga mengizinkan peserta debat menggunakan pena dan kertas. Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 21 Desember 2023.

"Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, (berupa) bolpoin dan kertas," kata Hasyim saat konferensi pers.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa alat bantu lainnya, seperti telepromter dan komputer tablet tidak di bawa ke podium debat.

Ia menjelaskan pada debat pertama juga kandidat calon presiden tak menggunakan alat bantu sama sekali. Bahkan, para calon presiden tak menggunakan podium saat berdebat.

"Alhamdulillah semua capres kita dalam kondisi sehat, segar bugar, mampu berdiri mulai sesi-sesi perdebatan awal sampai akhir," tukas Hasyim.

Sebagaimana diungkapkannya, penggunaan podium pada debat selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi usai debat perdana yang menampilkan capres masing-masing paslon. 

"Catatan kemarin atau evaluasi sudah kami sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat kedua nanti dan seterusnya, masing-masing sampai debat kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," tuturnya.

Tags : KPU RI , Debat , Cawapres , Pilpres , Podium