Wapres Ungkap Ingin Bangun Peradaban Pesantren Usai Purnatugas

| Jum'at, 05/01/2024 20:06 WIB
Wapres Ungkap Ingin Bangun Peradaban Pesantren Usai Purnatugas KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin mengungkapkan rencananya usai purnatugas mendatang. Wapres mengatakan ingin membangun pusat peradaban melalui pesantren usai menunaikan tugas sebagai Wakil Presiden pada Oktober 2024.

"Nanti saya bikin pesantren lagi di mana gitu, menjadi pusat-pusat pendidikan. Saya ingin membangun pusat peradaban, nanti di daerah-daerah," kata Wapres dalam bincang-bincang bersama wartawan Istana Wakil Presiden di Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

Wapres mengatakan akan kembali menjadi kiai usai melepaskan jabatannya nanti, layaknya kehidupan yang ia jalani sebelum menjadi wakil presiden.

"Ya saya akan kembali ke 'habitat' saya, ke habit saya. Saya ‘dipinjam’ saja kok, saya ini ‘pinjaman’, kalau pemain pinjaman itu apa namanya. Saya ‘dipinjam’ dulu ke sini (jabatan wapres). Nanti saya balik lagi ke tempat saya sebagai kiai, mengembangkan pesantren, pendidikan," terangnya.

Wapres pun menyatakan saat ini sedang mempersiapkan pembangunan universitas di Pesantren An Nawawi Tanara, Banten, yang diasuhnya.

"Di Tanara, Banten, saya lagi mempersiapkan Universitas, sekarang baru sekolah tinggi ilmu fikih. Jadi pesantrennya, (baru memberikan pendidikan) tsanawiah, aliyah, ilmu fiqih. Nanti saya lagi kembangkan universitas dengan berbagai pendidikan vokasi, kerja sama dengan berbagai pihak, (untuk berkontribusi) menyiapkan tenaga kerja," jelasnya.

Ia juga akan membangun lagi pesantren-pesantren lain di sejumlah tempat di Tanah Air. "Nanti saya cari tempat lagi, mencari (lokasi) pusat pendidikan, membangun masyarakat sekitarnya," tuturnya.

Tags : Wapres RI , Purnatugas , Pesantren , Pendidikan , Maruf Amin