Anies Baswedan Canangkan Program Satu Perekonomian Bangun Indonesia

| Jum'at, 12/01/2024 13:38 WIB
Anies Baswedan Canangkan Program Satu Perekonomian Bangun Indonesia Anies Baswedan (Calon Presiden RI). (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan mencanangkan program Satu Perekonomian dalam kegiatan Debat Bersama Kadin Menuju Indonesia Emas 2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (11/1) malam. Anies menyampaikan, visi membangun perekonomian ke depan harus beriringan dengan pemerataan pembangunan dan berkelanjutan (sustainability).

 "Kami menginginkan ada kesetaraan kesempatan untuk bisa tumbuh, pertumbuhan yang diiringi pemerataan dan keberlanjutan. Kenapa harus merata? Karena kami ingin membangun Indonesia. Kenapa harus berkelanjutan? Karena kami ingin Indonesia bisa terus digunakan oleh anak cucu," tuturnya.

Untuk mencapai program itu, Anies mempunyai dua langkah untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama adalah menghadirkan iklim usaha yang kondusif melalui tiga hal, yaitu memberikan kepastian hukum, rencana jangka panjang, dan penyederhanaan perizinan.

Berikutnya, papar Anies, adalah menurunkan biaya hidup dan menciptakan lapangan kerja. "Saya bertemu dengan banyak orang di berbagai daerah. Mereka menyebut biaya hidup dan biaya produksi yang mahal," ujarnya.

Terkait dengan biaya hidup dan produksi yang mahal, dia berencana mengembangkan 40 kota supaya pusat-pusat perekonomian bertambah dan merata.

Melalui Satu Perekonomian, Anies berharap ekonomi tumbuh merata, lapangan kerja terbuka, logistik murah, kepastian hukum dan birokrasi tidak berbelit, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik.

Tags : Anies Baswedan , Satu Perekonomian , Indonesia , KADIN

Berita Terkait