Bertemu Pejabat Tiongkok, Menhub Budi Bahas Pengembangan Transportasi Dalam Negeri

| Senin, 15/01/2024 19:17 WIB
Bertemu Pejabat Tiongkok, Menhub Budi Bahas Pengembangan Transportasi Dalam Negeri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Menteri Transportasi RRC di Beijing (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Menteri Transportasi Republik Rakyat China Li Xiaopeng, di Kota Beijing, Tiongkok, pada Jumat, 12 Januari 2024 lalu.

Dalam keterangan tertulisnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, kedua negara berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pengembangan infrastruktur transportasi nasional.

“Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung merupakan wujud komitmen kerja sama bilateral, yang kini telah dioperasikan dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Whoosh ini menjadi proyek yang potensial untuk dikembangkan ke depannya,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, lanjut Menhub Budi, terkait pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di Ibukota Nusantara (IKN), pihaknya telah melakukan penjajakan dengan pihak Tiongkok melalui China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC).

Menhub juga menyampaikan bahwa keinginan pemerintah Indonesia untuk menggunakan satu set Kereta Otonom dari CRRC untuk pengoperasiannya di IKN.

“Satu set kereta terdiri dari tiga gerbong, berkapasitas 307 penumpang, memiliki kecepatan operasional 40 km/jam dan kecepatan maksimal 70 km/jam,” tukas Menhub Budi.

Dalam lawatannya ke Tiongkok, Menhub juga melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak, di antaranya yaitu: Chairman CRRC Mr. Yongcai Sun dan Chairman Huawei. Selain itu juga akan melakukan diskusi bersama Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) di Shanghai.

Tags : Transportasi , IKN