Anies Ingin Bentuk Kementerian Kebudayaan Agar Budayawan Tumbuh dan Berkembang

| Minggu, 04/02/2024 22:21 WIB
Anies Ingin Bentuk Kementerian Kebudayaan Agar Budayawan Tumbuh dan Berkembang Anies Baswedan (Calon Presiden RI nomor urut 1). (Foto: tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Calon presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan, berencana untuk membentuk Kementerian Kebudayaan sebagai penyalur sumber daya negara untuk membuat budayawan tumbuh dan berkembang.

"Kami melihat perlu dibentuk dan kami berencana (membentuk) Kementerian Kebudayaan yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara untuk diberikan ke kalangan budayawan agar mereka tumbuh berkembang membangun karya-karya kebudayaan yang luar biasa," kata Anies dalam debat kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024.

Anies menilai pemerintah harus menciptakan ekosistem yang sehat, sehingga para budayawan bisa memunculkan ekspresinya dalam berkarya.

Dengan begitu, menurut Anies, para budayawan bisa berkembang dan membangun karya kebudayaan yang luar biasa di Indonesia. Ia menilai kekayaan Indonesia berada pada kebudayaannya.

Anies menuturkan, kebudayaan Indonesia harus dikembangkan karena hal tersebut bukan hanya sekedar warisan masa lalu. Menurut dia, seluruh kegiatan pembangunan itu bertujuan untuk membangun kebudayaan. Sehingga dia menilai kebudayaan itu bukan hanya satu sektor pembangunan.

"Budaya itu bukan hanya dirawat, kalau dirawat seakan-akan warisan masa lalu saja, kebudayaan itu harus dikembangkan sehingga terus menerus berkembang," tukasnya.

Tags : Debat , Capres , Anies Baswedan , Kebudayaan , Budayawan

Berita Terkait