Sosialisasi 4 Pilar, Nduk Nik Sebut Demokrasi Sistem Paling Humanis

| Selasa, 23/01/2024 17:05 WIB
Sosialisasi 4 Pilar, Nduk Nik Sebut Demokrasi Sistem Paling Humanis Anggota MPR RI Nihayatul Wafiroh menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Blokagung, Banyuwangi (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nihayatul Wafiroh mengingatkan makna demokrasi sebagai sarana yang paling humanis dan berkeadilan bagi kelangsungan kemanusiaan.

Demikian Nduk Nik, sapaan akrab Nihayatul Wafiroh, sampaikan dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan bersama ratusan ulama, tokoh masyarakat, dan tenaga pendidik di Aula Kampus UIMSYA Blokagung, Banyuwangi, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya, dari sekian bayak Negara, Indonesia adalah salah satu yang menerapkan demokrasi sebagai sistem pemerintahannya.

"Kita sebagai warga bangsa sudah sepatutnya bersyukur karena kita punya sistem yang paling humanis dan berkeadilan, yaitu demokrasi. Ini membuat siapapun punga hak yang sama dan setara, termasuk dalam konteks kepemimpinan," kata Nduk Nik.

Legislator yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini menyatakan, wujud demokrasi dalam penyelengaraan Negara Republik Indonesia berupa pemilihan langsung (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Pemilu dan Pilkada, kata dia, menjadi sarana kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin lembaga eksekutif maupun perwakilannya di lembaga legislatif.

Di sisi lain Nduk Nik mengingatkan terpilihnya pemimpin yang membelot dari rakyat tidak luput dari peran pemilih yang tidak memahami pentingnya menggunakan hak pilih dengan benar dan bertanggungjawab.

"Jadi jangan sia-siakan hak pilih bapak ibu semua. Silakan datang ke TPS dan pilih wakil panjenengan sedoyo sesuai hati nurani," urainya.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Sosialisasi 4 Pilar , Demokrasi