# DEMOKRASI

  • Kamis, 28/10/2021 11:32 WIB WIB

    Upaya Peningkatan Indeks Demokrasi di Tengah Pandemi

    Pada masa pandemi memang penulis rasakan menurunnya frekuensi pembahasan Raperda inisiatif DPRD sebagai indikator proses demokrasi. Sesungguhnya banyak Raperda inisiatif DPRD yang hemat penulis sangat populis dekat dengan aspirasi masyarakat seperti: Raperda Pelindungan Obat Tardisional, Raperda Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan Keluarganya, Raperda Tenaga Keperawatan, Raperda Desa Wisata, Raperda Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan, Raperda Pengembangan Pesantren, dan lain sebagainya.

  • Senin, 24/08/2020 11:23 WIB WIB

    ICJR Serukan Polisi Serius Usut Aksi Peretasan Website Media

    Institute For Criminal Justice Reform (ICJR) menilai, serangan atas sejumlah situs website media berita Indonesia seperti yang dialami Tempo pekan lalu merupakan upaya pembungkaman Pers yang seharusnya dilindungi di dalam negara berdemokrasi.

  • Senin, 24/08/2020 09:17 WIB WIB

    Tak Hanya Stagnan, Demokrasi Indonesia Alami Kemunduran

    Direktur Center for Media and Democracy Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Wijayanto, menyatakan, Indonesia kini mengalami kemunduran demokrasi. Dia membagi aspek kemunduran itu dalam empat item, yaitu aspek struktural, institusional, kultural dan agensi.

  • Jum'at, 05/06/2020 21:08 WIB WIB

    Tanggapi Kerusuhan di AS, PBNU: Refleksi Serius Agar Tak Lagi Terjadi

    Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj memandang bahwa demokrasi masih merupakan sistem terbaik yang sejalan dengan konsep syûrâ di dalam Islam. Namun, NU menolak penyeragaman demokrasi liberal ala Amerika sebagai satu-satunya sistem terbaik untuk mengatur negara dan pemerintahan.

  • Senin, 09/12/2019 13:57 WIB WIB

    Parlemen Pertanyakan Ulang Metode BPS Ungkap Indeks Demokrasi

    Badan Pusat Statistik (BPS) merilis laporan bulanan di website resmi bps.go.id. yang didalamnya mengungkap Indeks Demokrasi Indonesia (IDI). Menurut laporan tersebut, Angka IDI menunjukkan tingkat demokrasi di Indonesia mengalami dinamika dan dinyatakan pada kategori “sedang” sejak tahun 2009 hingga 2018. Namun telah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tingkat demokrasi lima tahun yang lalu. BPS menjelaskan bahwa Indeks Demokrasi berpijak pada tiga aspek, yaitu Aspek Kebebasan Sipil, Aspek Hak-hak Politik, dan Aspek Lembaga Demokrasi yang kemudian dikategorikan kedalam tiga jenis penilaian, baik, sedang dan buruk.

  • Jum'at, 06/12/2019 07:37 WIB WIB

    Membangun Demokrasi Indonesia dengan Ekonomi Inklusif

    Tahun ini, Bali Demokrasi Forum (BDF) ke-12 mengangkat tema besar ``Demokrasi dan Inklusivitas" dan untuk pertama kalinya menyelenggarakan sebuah dialog khusus di bidang Bisnis dan Ekonomi. Dialog bisnis ini mengusung tema “Ekonomi Inklusif" dan menghadirkan peserta dari sektor pemerintah, swasta, himpunan pengusaha, organisasi internasional dan akademisi.

  • Kamis, 24/10/2019 20:51 WIB WIB

    Jokowi Tegaskan Demokrasi di Indonesia adalah Gotong Royong

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Indonesia tidak mengenal oposisi. Menurutnya, demokrasi di Indonesia adalah demokrasi gotong royong. 

  • Selasa, 01/10/2019 22:28 WIB WIB

    Wakil Presma UIN Ragukan Komitmen Jokowi Jaga Demokrasi

    Wakil Presiden Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Dema-UIN) Riski Ari Wibowo ragukan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga iklim demokrasi di Indonesia. 

  • Rabu, 21/08/2019 20:22 WIB WIB

    Gus Muhaimin: Demokrasi Terbaik adalah Musyawarah untuk Mufakat

    Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin berkomitmen menjadikan PKB sebagai cermin partai yang peduli demokrasi dengan cara musyawarah mufakat seperti yang diamanatkan Pancasila.

  • Senin, 29/07/2019 17:49 WIB WIB

    Hebat, Indeks Demokrasi Indonesia Terus Meningkat

    Demokrasi Indonesia (IDI) pada 2018 mencapai angka 72,39, meningkat tipis (0,28 poin) dibandingkan IDI 2017 yang sebesar 72,11.