Mendagri Minta Pemda Waspadai Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

| Senin, 04/03/2024 21:35 WIB
Mendagri Minta Pemda Waspadai Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Mendagri Tito Karnavian (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (pemda) mewaspadai arus mudik maupun arus balik pada Lebaran 2024. Tito meminta pemda mengecek berbagai infrastruktur transportasi untuk memastikan mobilitas masyarakat dapat berlangsung lancar.

"Arus mudik dan arus balik ini sudah ritual tahunan, Indonesia terkenal sebagai salah satu negara dengan arus mudik dan arus balik yang berjuta-juta orang, puluhan ratusan juta orang malah," kata Tito dalam keterangannya yang dikutip Senin, 4 Maret 2024.

Selain itu, Tito mengimbau kepala daerah agar memperhatikan berbagai transportasi, baik yang melalui jalur darat, laut, maupun udara. Mendagri juga mengingatkan kepada daerah yang telah memiliki infrastruktur jalan tol agar tidak lengah terhadap berbagai potensi hambatan di jalur lainnya, seperti adanya pasar tumpah.

Sementara itu, daerah yang mengandalkan transportasi jalur laut agar segera mengecek kondisi pelabuhan-pelabuhan. Hal ini termasuk mengecek fasilitas angkutan seperti kapal agar menyiapkan berbagai alat perlengkapan keselamatan untuk kebutuhan penumpang.

"Fasilitas kapal-kapal yang mengangkut penumpang mewajibkan untuk menyiapkan pelampung dan penumpang memakai pelampung, ini harus menjadi habit kita, kebiasaan kita," ungkapnya.

Selain itu, dia menekankan pentingnya pemda mengecek berbagai infrastruktur transportasi sebelum Ramadhan maupun Lebaran tiba. Langkah itu dengan berkoordinasi bersama petugas Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terutama untuk mewajibkan semua angkutan dilengkapi alat pengaman seperti pelampung.

"Itu penting sekali, sepele, tetapi kejadian setiap tahun selalu ada," pungkasnya.

Tags : Mendagri , Arus Mudik , Lebaran , Pemda

Berita Terkait