Asian Games 2018 Pertandingkan 10 Cabor Baru

| Jum'at, 29/09/2017 14:11 WIB
Asian Games 2018 Pertandingkan 10 Cabor Baru Logo ASIAN GAMES 2018 JAKARTA-PALEMBANG.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebanyak 10 dari 40 cabang olahraga yang sudah ditetapkan oleh Komite Olimpiade Asia (OCA) untuk dipertandingkan di Asian Games 2018, Jakarta-Palembang merupakan cabang olahraga (cabor) baru yang dipertandingkan di Asian Games.

Cabor tersebut diantaranya bridge, basket 3x3, jet ski, jiu-jitsu, pencak silat, sambo, kurash, paralayang/paragliding, panjat tebing, dan rollersport (skateboarding serta roller skate).

Total ada 67 disiplin olahraga dan 462 event di Asian Games 2018 nanti. Keputusan ini ditetapkan dalam sidang eksekutif dan rapat umum OCA di Ashgabat, Turkmenistan pada 20 September 2017 lalu.

"Kami telah memaparkan hasil kesiapan sebagai tuan rumah dalam sidang eksekutif dan rapat umum OCA di Ashgabat. Tanggapan OCA positif. Bagi kami, 40 cabor ini merupakan hasil dari keputusan bersama," kata Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, di Jakarta, seperti dikutip viva.co.id, Jumat, 29 September 2017.

Sebelumnya, Indonesia hanya mengajukan 39 cabor untuk dipertandingkan di Asian Games. Alasannya adalah efektivitas anggaran yang dilakukan oleh INASGOC.

Tapi, belakangan OCA menyatakan bahwa cabor rollersport, skateboarding dan rollerskate, akan mereka tanggung biaya penyelenggaraannya. OCA juga siap membiayai pembangunan venue cabor rollersport.

Ada alasan khusus mengapa OCA mau membiayai perhelatan rollersport di Asian Games. Itu dikarenakan adanya upaya dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mendukung cabor generasi muda macam rollersport yang rencananya dipertandingkan pada Youth Olympic 2019, Buenos Aires, Argentina, serta Olimpiade 2020, Tokyo, Jepang.

"Tim INASGOC sudah menyampaikan concern utama saat sidang OCA Executive Board soal efektivitas biaya sehingga hanya mengajukan 39 cabang. Tapi, akhirnya OCA memiliki pertimbangan tersendiri dan memutuskan untuk menanggung seluruh biaya dari cabang rollersport," papar Eris.

Tags : Asian Games 2018 , INASGOC , OCA

Berita Terkait