Buka Kejuaraan Nasional Pencak Dor, Luluk: Bisa Menjadi Event Kelas Dunia

| Sabtu, 26/10/2019 21:24 WIB
Buka Kejuaraan Nasional Pencak Dor, Luluk: Bisa Menjadi Event Kelas Dunia Anggota DPr RI Luluk Nur Hamidah resmi membuka Kejuaraan Nasional Perebutan Sabuk Presiden Pencak Dor Profesional Indonesia di GOR Patriot Kodam IV Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10). (Foto: istimewa)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Perebutan Sabuk Presiden Pencak Dor Profesional Indonesia di GOR Patriot Kodam IV Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Oktober 2019 malam. Menurutnya, Pencak Dor awalnya tradisi tarung bebas di Pesantren untuk uji keberanian dan sportifitas. 

"Pencak Dor bermula dari tradisi tarung bebas yg hidup di pesantren sebagai bagian dari uji nyali, uji keberanian dan sportifitas. Pencak Dor juga ajang latih para pendekar santri," kata Luluk dalam siaran pers, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Saat ini, terangnya, Pencak Dor telah diangkat ke ajang olahraga profesional. Sehingga, aturan main tidak lagi bebas sebagaimana pencak Dor kultural.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap, Pencak Dor dapat memperkaya pilihan masyarakat untuk menikmati pertandingan yang berkelas tapi berbasis tradisi. Luluk menilai, tidak mustahil Pencak Dor bisa menjadi event berkelas dunia apabila benar-benar dikelola dan diselenggarakan secara profesional.

"Selain itu, saya harap ciri khas Pencak Dor kultural tetap ada yang dipertahankan di ajang Profesional, yaitu aspek musikal dengan menggunakan musik pengiring pertandingan sejenis kendang atau sejenis musik rampak lainnya," tandasnya.

Karena, menurutnya, ini akan menjadi daya tarik sendiri dibandingkan dengan MMA (mixed martial art), misalnya. Untuk itu, Luluk mengajak seluruh pihak mendukung Pencak Dor agar bisa diterima masyarakat dan bisa berkembang hingga menjadi event dunia.

"Mari kita dukung Pencak Dor untuk lebih bisa diterima masyarakat luas, baik yang kultural ataupun profesional," pungkasnya.

Tags : Pencak Dor , Event Dunia , Luluk Nur Hamidah

Berita Terkait