MotoGP 2023: Aleix Espargaro Ungkap Alasan Penurunan Performa Musim ini

| Senin, 29/05/2023 20:00 WIB
MotoGP 2023: Aleix Espargaro Ungkap Alasan Penurunan Performa Musim ini Aleix Espargaro (Aprilia Racing). (Foto: twitter @Swinxy)

RADARBANGSA.COM - Pembalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro mengungkap alasan performa dirinya menurun di awal MotoGP 2023. Ia mengaku tahun lalu tampil lebih cepat dan beberapa seri awal MotoGP 2023 tak bisa menjaga kecepatan tersebut.

Espargaro menikmati balapan musim lalu dan menjadi musim terbaiknya sepanjang tampil di MotoGP. Ia sukses merebut sejumlah kemenangan dan podium dan finis di peringkat empat pada klasemen akhir MotoGP 2022.

Performa Espargaro dalam beberapa seri awal MotoGP 2023 tidak begitu buruk. Akan tetapi, pembalap asal Spanyol itu gagal bersaing di saat balapan berlangsung.

"Saya tidak ingin membuat alasan apapun. Tapi saya lebih cepat dari tahun lalu dan saya merasa motornya sedikit lebih baik," kata Espargaro dilansir dari Speedweek, Senin, 29 Mei 2023.

"Tetapi tetap saja saya tidak bisa menang. Kami menganalisis situasinya dan mencoba menemukan alasannya. Saya menjadi yang tercepat di hampir setiap trek sejauh ini dan mencetak waktu tercepat di Argentina, Portugal, dan Jerez pada hari Jumat. Saya cepat, tapi saya memiliki banyak kesulitan dalam balapan," tambahnya.

Salah satu hal yang melatarbelakanginya adalah tekanan udara di ban depan yang berlebihan. Hal ini pun menyebabkan dirinya kesulitan untuk menyalip pembalap lain.

"Tantangan kami adalah tekanan udara di ban depan, artinya kami tidak bisa menyalip. Kecepatan kami lebih baik daripada kecepatan Brad Binder, misalnya. Tapi Binder mengendarai balapan yang jauh lebih baik daripada kami. Kami harus memahami itu dan menguasainya," tukasnya.

"Anda tidak bisa membayangkan betapa frustrasinya hal itu. Saya salah satu yang tercepat, tapi saya tidak bisa menjaga kecepatan dalam balapan. Bagian depan terus bergerak dan itulah mengapa saya terjebak di belakang pembalap lain," pungkasnya.

Tags : MotoGP 2023 , Aleix Espargaro , Aprilia Racing

Berita Terkait