Lomba Cerpen Santri 2018

Keunikan Santri

| Rabu, 07/11/2018 20:17 WIB
Keunikan Santri Dok Radarbangsa

Oleh: Ridha Fiky Amalia 

RADARBANGSA.COM - Ini adalah kisah dimana dulu ana (bahasa Arab = Saya) seorang santri yang akan menceritakan pengalaman seru bersama teman-teman di pesantren. Cerita ini adalah sebuah kejadian lucu dan unik yang dialami oleh semua santri di pesantren. Banyak wali santri yang memondokkan anaknya agar tidak terpengaruh dengan pergaulan dunia luar yang sangat bebas. Serta memperbaiki Akhlaq, Adab, dan Moral mereka.

Oh iya ana hampir lupa nama ana Aqil. Ana adalah salah satu alumnus dari pesantren Baitussalam. Enam tahun telah ana jalani kehidupan di pesantren ini. Suka, duka, canda, dan tawa, sering ana alam di sini. Ngomongin tentang kenangan di pesantren memang tidak ada habisnya. Selalu aja ada kenangan dan pengalaman indah yang rata-rata semua orang  tidak dapat merasakannya.  
 
Ana mau Tanya “Apa yang ada di benak pikiran antum (bahasa Arab = kamu) saat mendengar kata santri?” Mungkin pikiran antum selama ini, santri itu kerjaannya hanya mengaji, shalat berjama`ah, menutup aurat, dan selalu mengantri. Hingga ada beberapa orang berpendapat bahwa santri akan dimasukkan ke dalam sebuah penjara suci, dimana di sana akan ditekan dengan peraturan yang begitu dahsyat. Eh, jangan salah, mereka seperti itu karena mereka akan diasah untuk menjadi generasi emas yang berkualitas. Tapi, hakikat santri pada dasarnya tidak seperti yang antum bayangin di atas. Santri tidak hanya mengaji saja, tapi mereka selalu mengkaji, berinovasi, dan berkreasi.
 
Kata santri bukan yang mondok saja, tapi siapa pun yang berakhlak seperti santri, maka dialah santri. Namun, dengan kamu masuk pesantren dan menjadi santri, kamu akan lebih optimal dalam melaksanakan amalan-amalan yang positif, karena kamu berada pada lingkungan yang religious. Tapi, jangan dikira santri tidak bisa berkreasi dan berinovasi ya. Justru mereka yang berada di pesantren telah disiapkan masa depannya dengan bekal ilmu dan ridha seorang kyai atau guru, agar mereka menjadi generasi yang unggul dibidangnya masing-masing.

Baca selengkapnya di sini

 

 

Tags : Hari Santri 2018 , Cerpen Santri , PKB

Berita Terkait