Lomba Cerpen Santri 2018

Cahaya Surga

| Kamis, 08/11/2018 19:20 WIB
Cahaya Surga Dok Radarbangsa

Oleh: Syarifudin

RADARBANGSA.COM - Di sebuah gang kecil berdiri bangunan yang tak terlalu besar dan tak terlalu lebar tapi, di dalam tempat tersebut mampu membuat orang menjadi orang yang berguna dan sukses. Di tempat ini terdapat banyak aturan-aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi yang dapat membuat kita menjadi orang disiplin, jika ada yang melanggar, maka dia akan mendapat sanksi biasanya disebut takzir (hukuman untuk meluruskan kesalahannya) bahkan sampai dipulangkan kepada orang tuanya/dikeluarkan. Banyak orang menyebutnya penjara suci atau pondok pesantren.

Kisah seorang santri di sepertiga malam, para santri yang sedangmelukis mimpi indahnya di bangunkan dari tempat tidurnya untuk melaksanakan sholat malam, si Udin. Saat dia di bangunkan oleh Abah “Abah adalah sesepuh pondok pesantren yang di hormat santri maupun masyarakat setempat”, Udin langsung bangun kemudian pergi.

Abah kira si Udin pergi menuju masjid untuk melaksanakan sholat malam, ternyata tidak, si Udin malah pergi menuju gudang penyimpanan barang bekas untuk melanjutkan tidurnya dengan menggelar kardus untuk dijadikan alas, tanpa rasa bersalah Udin berada di tempat itu hingga matahari terbit. Ketika Teman-temannya yang lain melihat si Udin tertidur pulas di gudang, mereka tidak berani menyentuh apa lagi membangunkannya. Bahkan tak merasa heran sedikit pun, karena itu sudah menjadi kebiasaan  Udin, bahkan malah tidak pernah mengikuti kegiatan pondok lainnya maupun sholat fardhu .

Ia lebih suka tidur dan melanjutkan mimpi indahnya walaupun harus tidur di sembarang tempat. Katanya dia “lebih suka tidur karena dengan tidur dia bisa bermimpi setinggi mungkin tanpa harus ada harapan jaya”.

Baca selengkapnya di sini

Tags : Hari Santri 2018 , Cerpen Santri , PKB

Berita Terkait