Pembangunan Kilang Minyak di Tuban, Ratna Juwita Minta Masyarakat Lokal Diperhatikan

| Kamis, 28/11/2019 20:23 WIB
Pembangunan Kilang Minyak di Tuban, Ratna Juwita Minta Masyarakat Lokal Diperhatikan Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI menggelar rapar kerja (Raker) dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dalam raker tersebut, anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Ratna Juwita Sari menyampaikan terkait perkembangan pembangunan kilang minyak Rosneff di Kabupaten Tuban. Iya Juwita, sapaan akrabnya, menyoroti penggunaan lahan produktif dan potensi perekrutan tenaga kerja. 

"Sebagai wakil dari Tuban-Bojonegoro, saya tahu ternyata ada 800 hektar lahan dibebaskan dan 70% adalah lahan produktif," kata Iya Juwita di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

Baca Juga: Ratna Juwita Sayangkan Revisi UU Minerba Tak Support Green Energy

Dia juga menyampaikan aspirasi warga Tuban yang terdampak pembangunan kilang minyak. Menurutnya, bahwa masyarakat selama ini sangat bergantung pada lahan pertanian.

"Bayangkan mereka yang sebelumnya bergantung hidup harus mengikhlaskan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Semakin cepat kilang dibangun, semakin cepat permasalahan BBM teratasi, defisitnya, impornya," ujarnya.

Baca Juga: Anggaran Riset Minim, Ratna Juwita Pertanyakan Keseriusan Pemerintah

Iya Juwita menekankan, ke depan pemerintah harus lebih peduli kepada masyarakat. Ditegaskannya, pembangunan kilang minyak harus memberi manfaat langsung bagi kesejahteraan masyarakat, salah satunya lapangan pekerjaan.

"Jangan lupa Pak Menteri. Saya mohon pikirkan warga ring 1,2,3. Saya harap mereka menjadi prioritas ekerja di perusahaan, di proyek mega besar ini. Karena (biasanya) untuk menghindari tenaga lokal, perusahaan memberi spesifikasi kualifikasi recruitment pekerja yang metropolis, sehingga yang lokal tidak bisa mengakses," pungkasnya. 

Tags : Kementerian ESDM , Kilang Minyak , Tuban , Ratna Juwita

Berita Terkait