5 Planet Paling Terang Yang Bisa Kamu Amati di Bulan November Ini

| Rabu, 11/11/2020 20:01 WIB
5 Planet Paling Terang Yang Bisa Kamu Amati di Bulan November Ini Foto Venus diambil dari perangkat NASA (Doc: Nasa)

RADARBANGSA.COM ­– Halo Sobat Astronomi, ada kabar baik nih di Bulan November ini. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) baru saja merilis fenomena penampakan planet terang yang bisa kamu amati dengan mata telanjang di Bulan November.

Peneliti Lapangan LAPAN, Andi Parengang mengatakan kelima planet ini tak lain adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Beberapa waktu terbaik untuk mengamati kelima objek tata surya ini umumnya berada di dini hari atau saat matahari terbenam.

  1. Merkurius

Pada tanggal 11 November ini, ketinggian Merkurius akan mencapai maksimum ketika Matahari terbit. Merkurius akan lebih mudah disaksikan sekitar 1 jam sebelum terbit Matahari atau ketika fajar astronomi telah terbit.

Di beberapa wilayah Indonesia, pengamatan Merkurius dapat dilihat di rentang pukul 4 hingga 5 pagi setiap di rentang tanggal 10-25 November.

  1. Venus

Sepanjang Bulan November ini, Venus akan banyak ditemui pada dini hari sekitar pukul 3.30. Persis sesuai dengan julukannya sebagai bintang pagi atau bintang fajar.

Sebetulnya Venus merupakan salah satu planet yang paling terang di tata surya. Saking terangnya planet ini terkadang dapat diamati di wilayah perkotaan.

  1. Mars

Mars sebetulnya dapat diamati paling terang pada Bulan Oktober lalu. Namun di Bulan November ini, Mars masih tetap bisa diamati meski sedikit redup.

Mars paling bisa diamati saat terbenamnya matahari dan akan makin meredup seutuhnya pada pukul 3 pagi. Fenomena munculnya Mars ini dapat diamati di sepanjang Bulan November ini.

  1. Jupiter

Salah satu planet terbesar di tata surya kita, yaitu Jupiter juga akan menampakkan diri di sepanjang November ini. Jupiter bersama Saturnus akan melakukan konjungsi agung tepatnya pada 21 Desember nanti.

Jupiter paling bisa diamati saat mulai terbenamnya matahari dan akan menghilang sepenuhnya pada pukul 21.00 di minggu awal November dan 22.00 pada minggu akhir November.

  1. Saturnus

Saturnus sebenarnya tampak selalu berdekatan dengan Jupiter dari bulan-bulan sebelumnya dan akan terus mendekat hingga puncaknya 21 Desember 2020 nanti.

Sama seperti Jupiter, selama di Bulan November, Saturnus akan dapat diamati mulai terbenamnya matahari dan akan lenyap sepenuhnya pukul 21.00 di minggu awal November dan 22.00 pada minggu akhir November.

 

Tags : saturnus , jupiter , planet terang

Video Terkait